Minggu, 28 November 2010

Ohh......dading

 jadi begini ceritanya..
tadi bapake manggil gue pas gue lagi asik browsing.

'dian mau itu ga tuh?'
'apaan?'
'itu, kue yg biasa di panggul itu lho' (sambil mraktekin. adegan tangan di taro diatas bahu)
'pancong?'
'iyah. Eh, bukan! yg pake saos itu lah'
'apaan sih? kalo makanan dian mah mau aja' (maruk nya kumat) 
'sini liat makanya'

akhirnya gue ke luar untuk memastikan tukang apakah sebenarnya yg dimaksud bapak. Dan ternyata...
'Oh.. odading'
'iya mau ga?'
'mau lah!'
odadingnya cuma tinggal yg manis

***
Mungkin kamu-kamu sering bahkan suka dengan kue yg satu ini. Odading. Makanan yg terbuat dari tepung terigu ini (sok tau) emang udah klasik banget. Alias udah menjadi makanan yg ga aneh lagi. Dari jaman gue SD sampe skarang masih ada aja yg jual odading. Sebenernya gue agak bingung, makanan ini berasal dari daerah mana yah? Kok kayanya dimana-mana ada.

Odading punya dua varian rasa (ceile...kaya apa aja pake varian). Manis dan asin. Yg manis bentuknya kotak kaya bantal bantet. Yg asin panjang kaya guling kembar siam. Nah cara makan nya kalo yg asin ini ditambah pake saos. Biar Indonesia sekali. Kan kalo orang Indonesia ga sah kalo makan ga ada yg pedes2 kaya sambel, saos etc. Untuk yg asin ini kalo diliat bentuk dan rasanya sama dengan cakwe. Entah apakah cakwe dan odading ini emang sejenis cuma beda nama. Ato emang beda. Mengingat sambel nya pun kalo cakwe lebih encer dibanding odading yg hanya saos pada umumnya.


Sedangkan kalo odading yg manis, ga usah pake apa2 juga udah enak. Tapi saran gue kalo kamu mo makan kue yang satu ini, kudu nyiapin minum banyak. Karena tekstur nya yg padet suka bikin tenggorokan seret.

Pernah sekali waktu, entah karna gue yg otaknya kreatip ato emang serada geje alis ga jelas. Waktu itu gue lagi istrahat sekolah, (jaman SD tuh) dan gue liat ada tukang odading. Gue pun memutuskan untuk beli. Dan gue beli yg rasa manis. Dan entah kenapa saat itu gue meminta si abang tukang untuk menambahkan saos di odading manis gue. Dan si mamang nurut-nurut aja (mungkin otak dia sama otak gue sama-sama geje).

Tanpa merasa asing dan aneh, gue pun memakan si odading dengan saosnya. Seolah lidah gue sudah biasa dengan makanan manis campur pedes. Temen gue pun melihat gue dengan tampang tak biasa. Dan bertanya,

'emang enak yah dikasih saos' dan gue pun menjawab
'enak aja.' dengan tampang tak berdosa.

Mungkin emang ga biasa bagi sebagian orang untuk mencampur hidangan manis dengan pedas, seperti sambel ato saos. Dan itu juga mungkin yg dilihat oleh temen-temen gue ke gue. Tapi mungkin ada lagi yg agak-ga-biasa. Waktu gue SMP gue liat ada mba-mba yg makan pisang molen (beneran pisang molen!Pisang mateng yg digulung-gulung pake tepung) dengan cabe rawit. Entah itu si mba nya yg keblinger antara cireng dengan molen. Ato emang dia yg 'kraetip'?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu