Jumat, 09 Juli 2010

Saia dan Belimbing

Teringat di rumah saia yg dulu. Rumahnya emang agak lebih kecil dari rumah saia yg sekarang. Tapi rasa-rasanya rumah itu lebih punya banyak kenangan. Mungkin karna hampir 11tahun saia tinggal di rumah itu. Sebenernya rumah saia yg sekarang tidak begitu jauh dengan rumah yg dulu. Jarak nya cuma 500m-an.

Rumah itu kebetulan punya pohon belimbing di depan rumahnya. Dan pohonnya itu sebenernya ga terlalu besar, tapi entah kenapa intensitas tumbuh buahnya sering banget. Dan sekali berbuah itu pohon bisa banyak banget. Tak terhingga. Bahkan sampe pada busuk dan akhirnya jatoh, karena ga sempet diambilin.

Tapi jujur, dari mulai pohon iu masih kecil sampai akhirnya bisa punya keturunan banyak banget (baca:berbuah) ga ada hasrat sedikit pun untuk menyukai buah yang satu ini. Padahal kalo diliat buah belimbing nya itu ga ada yg ccd alias cacat. semua buah yg ada di pohon itu seger-seger. Ga kalah sama yg ada di taman buah Me**r S*ri.

Mungkin bagi saia buah belimbing itu agak susah buat dimakan. Secara bentuknya yg bersegi bintang begitu (emang ada ya segi bintang?) agak sulit buat gigi  menjangkau sisi-sisi yg menjorok kedalam (apaan sih??) Tapi walaupun begitu, ada banyak jalan untuk menghabiskan belimbing yg berbuah ga kenal musim itu untuk dihabiskan supaya ga mubazir.

Hampir tiap hari, rumah saia kedatangan 'tamu'. Tamu tak diundang lebih tepatnya. Mereka datang dari berbagai kalangan. Dari kalangan anak-anak hingga pedagang. Emang rumah dian emol gitu? Bukan-bukan. Mereka datang untuk satu visi dan tujuan. Belimbing. Yap. Mereka datang ke rumah buat menyicipi buah belimbing saia.

Tapi emang yg lebih sering mampir adalah anak-anak. Ga pagi, ga siang. Malem ga, nti dimarahin sama ortunya. Selalu ada aja yg manggil diluar rumah.

'salamulekum..bu! minta belimbingnya'

Kalo kebetulan ada ibu, paling si ibu keluar rumah, menyambut si anak-anak tadi masuk. Emang naluri ibu dimana-dimana kalo sama anak kecil pasti sama.

'iya, sok aja ngambil dek!'

Langsung deh tuh anak-anak pada manjat pohon. Berebutan. Serabutan. Takut ga kebagian. Ga nyangka ternyata anak-anak precil pada jago manjat pohon. Saia aja yg udah bertaon-taon tinggal di depan pohon belimbing, masih juga belom jago kalo urusan manjat-memanjat. Sedangkan mereka yg masil cilik udah expert banget. Mungkin turunan dari orang tua kali ya?

Pernah juga anak kecil yg manggil-menggil kerumah. Dengan hanya mengucap salam. Berkali-kali. Awalnya saia pikir itu anak kecil yg minta sumbangan. Tapi ternyata saia salah.

'salamulaikum...salamulaikum..salaimulaikum..'
'kumsalam.. Yah? ada apa ya dek?' (sambil pada nempel di jeruji pagar. Persis kaya orang dibalik penjara)
'mo minta belimbing' 

Jiah! kiraian mo ngapaian?

Pernah juga ada bapak-bapak yg dateng nenteng-nenteng timbangan (timbangan yg panjang itu lo). Dateng ke rumah. Dan bilang katanya mo dibeli semua buahnya. Alhasil itu belimbing di abisin sama si bapak itu. Ludes. Ga pandang bulu pula. Mo yg mateng, yg mentah, yg masih kecil-kecil dibungkus juga. Ujung-ujungya cuma ditawar 20rb doang.

Ada satu lagi yg unik. Kali ini soal anak-anak lagi. Ceritanya waktu itu kira-kira jam10an. Ada anak-anak kurang lebih 4 anak. Mereka seperti biasa minta belimbing. Dan kebetulan ada mbah disitu. Dan mbah bilang,

'nti sore kesini lagi ya. Masih banyak kok belimbingnya'

Maksudnya si mbah ini dia mungkin cuma basa-basi sama anak-anak. Tapi namanya juga anak-anak ga ngerti mana yg omongan cuma basa-basi mana yg beneran. Alhasil mereka sore-sore dateng lagi kerumah. Kebetulan cuma ada saia seorang di rumah. Saia biarkan saja. Ngantuk saia.

Dan kata-kat yg saia ingat dari mereka adalah begini, ketika ada anak lain yg lewat rumah..

'ih, dimarahin yg punya loh!' kata anak yg barusan lewat.
'orang udah bilang, we..!'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu