Selasa, 09 November 2010

Lebih Baik Cabut Bulu Idung Daripada Cabut Gigi

Udah cukup lama salah satu gigi gue berlubang, dan karna gue takut bakal kenapa2, gue pun akhirnya memberanikan diri buat ke dokter gigi. Well... bukan ke klinik sih sebenernya cuma ke puskesmas dpan rumah aja, tapi toh sama2 dokter. Setelah minggu lalu dinyatakan kalo solusi akhir dari gigi gue adalah di cabut, akhirnya tadi pagi gue pun datang kesono dengan tekad bulat.



Saat gue kesana, ternyata sedang ada satu pasien nenek yg ternyata mo dicabut juga. Gue ngeliatin dia dari luar (kebetulan pintunya terbuka, jadi siapapun bisa bebas melihat kegiatan apa yang sedang terjadi di dlm) Gue mulai melihat bu dokter negeluarin suntikan. Dan saat itu juga badan gue langsung merinding. Menggigil, padahal tadi pagi matahari cerah ceria. Pasien nenek2 itu pun tak terlihat dan terdengar kesakitan, berteriak atau semacamnya. Ah..mudah2an emang ga sakit. Gue pun mencoba menenangkan diri. Walaupun sebenernya jantung deg2 ser.

Saat pasien nenek itu keluar, tiba saatnya giliran gue. Gue pun kembali mengumpulkan tenaga untuk menguatkan hati dan pikiran. Saat gue di suruh ke 'tempat pesakitan' si dokter bilang,

"nti kalo sakit dikit ga papa ya?"
"iya gapapa"
Padahal dlm hati, aduh...rasanya ga keruan

Mulailah bu dokter mengambil suntikan dan mengisinya dengan obat anestesi. Dan saat jarum masuk ke dlm gusi, nyusss....! Sakitt...Lebih sakit dari pada digigit semut. (gue bingung sebenernya ide awal siapa sih, yg bilang kalo disuntik itu rasanya cuma kaya digigt semut? Bohong itu semua. Lagian kenapa harus semut? Rasanya JAUH lebih sakit ketimbang digigit semut. Karna menurut gue rasa sakit itu lebih pas dengan di cubit gajah ketimbang di gigit semut)

Saat di bius, eta suntikan bertubi-tubi masuk ke beberapa bagian di gusi gue. Auch! Dan ga berapa lama, obat mulei bekerja. Sebelah pipi gue kesemutan, mati rasa. Bibir gue juga. Udah kaya lumpuh sebelah. Seumur-umur baru kali ini gue di suntik bius. Maklum, alhamdulilah hingga saat ini gue ga pernah kena operasi macem2 yg kudu pake bius segala.

Dan...perjuangan dimulei. Bisa dibilang dalam sejarah pencabutan gigi ini mungkin adalah pencabutan gigi yang paling lama dan memakan energi yg besar. Kenapa? karna bu dokter ampe kudu beristirahat berkali-kali segala gara-gara gigi gue yg susah banget dicabut. Udah ga keitung dia ngucap istigfar berapa kali. Bu dokter ampe keringetan, udah nyabut sekuat tenaga tapi ga copot2. Pas itu dokter nyabut gigi gue aja udah kaya adegan nyabut pohon nangka. Kebayangkan gimana kerasnya.

Gue ampe ngeri waktu pas dokter bilang,
"ada apa sih di gigi kamu, sampe susah banget dicabutnya. Nti kalo ga kecabut juga kamu ronsen dulu yah?"
"ronsen gigi dok?"
(ya iyalah! masa dengkul yg di ronsen)
"iyah. Takut ada apa-apa nya"

Glek! Langsung deh mulai mikir macem-macem. Jangan2 di gigi gue ada tumornya lagi, makanya ga kecabut-cabut. Ato ternyata gigi gue akarnya kusut lagi, jadinya agak alot. HUft.. otak gue ga berenti mikir yg aneh2. Sampe si dokter bilang untuk santai dan pasrah aja. OKe, gue akan mengiklaskan semuanya. Termasuk gigi gue.

Gue sebenernya agak ga rela kalo gigi gue ampe ga kecabut. Secara mulut gue udah diodal-adil pake obeng sama dokter. Suara obeng stenlis dan gigi yg beradu. Cetak-cetuk. Ampe tangan dokter yg udah masuk, bek! ke mulut gue. Bahkan dokter ampe bius gue 2 kali.

Dokter pun akhirnya nyerah. Dia manggil bala bantuan. Pasukan pencabut, mule dari pencabut gigi, paku, ampe pohon semua dibawa. Namun sayangnya semua ogah buat berurusan dengan gigi gue. Dan panggilan bantuan jatuh pada dokter senior, dokter Kus.

Ga lama, setelah di oatak-otak dikit. Tarik sana. Tarik sini. Dan trak! gigi pun tercabut sudah. Huah.. lega rasanya,plong. Dan ternyata itu akar gigi nya terlalu rengggang dan panjang, jadinya susah. Fuih..!

Dan sampai detik ini, bekas cabutan gigi itu masih snat-snut. ah..mudah-mudahan walaupun masih sakit, mudah2an ga berlangsung lama dan kembali normal lagi. Walaupun gigi gue udah ga utuh lagi. Alias ompong separo.

Ga lagi-lagi deh nyabut gigi. Mending cabut yg laen, cabut bulu idung, ato cabut sekolah. Pengalaman ini emang luar biasa. Luar biasa menyakitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu