Minggu, 16 Mei 2010

India, Hobah!

Selama seminggu kemaren ini kuliah gue libur, ceritanya masa lelah setelah selese UTS. Tapi sayangnya seminggu ini jadwal gue padet, padet buat ngurusin kerjaan baru. Kerjaan tarik-ulur isi hidung. Alias flu. Yup, alhasil liburan gue cuma gue abisin buat bercrat-crot ria.

Mungkin emang liburan ini udah diseting buat gue sakit kali ya. Mending deh daripada pas kuliah, lebih berabe lagi.

Dan kemaren waktu kapan ya? lupa. Waktu malem gue ga bisa tidur sama sekali. Padahal itu udah tengah malem. Tapi kantuk ga dateng-dateng juga. Alhasil gue nonton TV aja. Dan malah akhirnya gue nonton pelem yg lumayan bagus. Pelem india.

Hohoho... agak heran juga sih tengah malem begini masih ada aja yg nayangin bollywood. Awalnya sih iseng, lumayan lah daripada ga da kerjaan, sambil nungguin ngantuk. Jadi inget waktu jaman gue kecil. Gue tuh dulu hobi banget nonton pelem india. khasnya pelem India kan tarian sama nyanyian. Lagi sedih, nyanyi. Lagi seneng, nyanyi juga. Apa-apa nyanyi. Trus selaen pelem india, gue juga dulu toh hobi banget nonton acara musik. Bukan MTV, tapi dangdut. Hobah! dangdut.mungkin kalo skarang kaya sejenis inbox/dahsyat gitu, cuma versi dangdut.

Hahaha...kalo inget dulu kayanya tontonan gue ajaib banget kan. Dulu dangdut mendayu-dayu, sekarang malah sukanya sama maliq sama soulvibe.

Okeh, balik lagi ke pelem india yg gue tonton. Pelemnya ternyata sedikit berbeda dengan yg biasa gue tonton waktu dulu. Tapi tetep dgn nyanyian+tarian. Cuma ceritanya ga sekedar kisah cinta sepasang manusia. Namun, cerita ini adalah kisah cinta berbalut perlawanan atas kekuasaan. Justru malah kisah dibalik cinta-cintaannya yg lebih dominan.

Ceritanya tentang seorang gadis yg ga sengaja mengungkap perdagangan organ tubuh, yg korbannya adalah anak-anak perempuan. Awalnya si gadis itu berhasil menggagalkan perdagangan tersebut. Namun, sayangnya karna bisnis itu adalah kerjaannya orang berduit. Alhasil polisi pun takluk dan otomatis si gadis menjadi sasaran bagi si penguasa itu. Gadis itu dibunuh.

Disini bener-bener digambarin kalo apapun bisa takluk sama uang. Nyata banget. Sama aja kaya di Indonesia soal markus. Dunia ini begitu kacau karena ulah secarik kertas itu. Mungkin kalo gue bikin hukum Rimba versi 2, jadinya begini..

"Siapa yg berduit, dia yg berkuasa"

Pelem india skarang emang udah ga semenye dulu. Sekarang pelemnya udah agak ditambahin dengan balutan kisah lain dibalik kisah cinta. Dan pelem india ini tanpa perlu mengumbar adegan-adegan mesra seperti ciuman ato yg lebih (kaya pelem-pelem barat, bentar-bentar ciuman) namun, ga ngurangin efek romantisnya.

Itu kalo menurut gue, entah karena emang gue udah terdoktrin sama pelem-pelem india ato bukan. Tapi pelem Indonesia juga sekarang udah mulai berbau barat. Mungkin kalo soal alur, bolehlah untuk ga lurus-lurus dan ending yg ga terduga. Tapi rasanya banyak budaya barat yg sudah menjadi bagian untuk di exposed di pelem. Yg seolah orang Indonesia seperti itu.

Kaya hal kecil  misalnya, kalo lagi stress,putus cinta ato kerjaan, akhirnya dugem. Mabok. Inget film itu adalah representasi rakyatnya. Kalo emang pelem barat banyak yg mencerminkan kebebasan pergaulan dan kata-kata nya yg bebas juga. Itu karena memang adat mereka seperti itu.

Coba deh untuk sineas-sineas berbakat Indonesia, ganti deh pelem-pelem yg berbau seks berbalut horor, dengan yg lebih "Indonesia". Kita para penonton juga perlu tontonan yg benar-benar berkualitas. Kita memang butuh hiburan, tapi hiburan yg berbobot. Bukan sekedar ecek-ecek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu