Jumat, 28 Mei 2010

yg kecil, yg positif

beberapa hari yg lalu gue lagi neduh dari ujan gede. Daripada ujan-ujanan-- sori nih bukan karna takut sakit karna keujanan, melainkan saat itu gue lagi bawa laptop dan menaiki motor. Otomatis gue kudu neduh, daripada leptopnya yg sakit, kan lebih berabe lagi.

Alhasil gue neduh tuh di salah satu minimarket, sebut saja indomaret. Nah, kebetulan, didepan indomaret itu bertengger macem2 dagangan. Mulai dari minuman, sampe makanan ringan. Nah, akhirnya sambil nunggu ujan berenti, pesen aja makanan yg ada disitu. Mulai dari cireng, sampe tahu bulet.

Beres makan, ternyata ujan belum berenti juga. Yaudah bengong lagi. Nah, kan kebetulan tahu bulet itu disajikannya pake semacam gelas plastik gitu kan. Nah, selese makan, mo gue buang dong wadahnya (yaiyalah, masa gue makan juga) gue tengok kanan-kiri ga da tempat sampah juga. Alhasil bapake nanya kan, ke mamang tahu nya.

"Mang, gada tempat sampah gitu?"
trus lo tau apa kata si mamang?

"Ga da pa, buang aja disitu (sambil nunjuk solokan di depan gerobak si tahu. Yg emang ternyata udah ada banyak sampah yg nggenang di situ). Ga pa pa ko"

Waduh..!
mo jadi apa lingkungan kita? kalo semua orang bebas menghalalkan buang sampah dimana aja. Mbok ya, kalo jadi pedagang makanan itu yg bersih kek. Kan itu bisa jadi nilai plus buat pedagang itu juga. Dan nti juga secara ga langsung bisa lebih menyenangkan pelanggan. Tempat sih boleh ok, colorful, mencolok, keren, pake seragam pula. Tapi apa itu aja cukup buat memuaskan pelanggan?

Plis deh!
Kalo semua pedagang kaya gini, membebaskan pembeli untuk buang sampah si jualan di mana aja, bakal penuh dong jalanan kita sama sampah plastik, kertas,dll. Seharusnya seorang penjual bisa memberi sedikit kebiasaan positif. Walopun itu cuma sekedar membuang sampah. Paling ga, sediain kek, tempat sampah. Jadi kita kan segen mo buang sampah sembarangan juga. Malu sama tempat sampah, klo buang sembarangan.

Mungkin ini keliatannya sepele. Tapi ini bisa berdampak positif buat smua. Ya buat pedagang, ya pembeli juga. Pembeli seneng karna tempat jualannya bersih jadinya nyaman untuk beli. Alhasil bisa aja untuk pergi ke tempat itu lagi.

Dunia kita itu udah tua lo, makin lama makin rapuh. Jadi jangan bikin bumi kita makin tersiksa dengan sampah-sampah yg merajarela. Lingkungan kita itu udah semakin sempit. Dengan gedung-gedung segede-gede alaihim gambreng. Ditambah kendaraan yg asep nya bikin bengek. Jadi jangan bikin tempat kita jadi sumpek gara-gara sampah-sampah plastik.

Mungkin emang kedengarannya klise. Udah banyak juga pihak yg juga mengkampanyekan hal sepele ini. Tapi tetep aja, kayanya kebiasaan buruk itu susah banget untuk dirubah. Mungkin perlu sedikit waktu. Mungkin untuk lo-lo smua, coba deh, untuk membiasakan perilaku positif sekecil apapun itu. Karna bisa saja dampak nya berpengaruh besar pada kehidupan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu