Selasa, 01 Maret 2011

not complain and just make it fun

Kali ini gue akan menulis tulisan yg serius. Soal masa depan kuliah gue, masa depan hidup gue. Tahun ini gue akan mulai dihadapkan sama yang namanya skripsi. Tugas paling akhir di  perkuliahan. Bisa dibilang ini adalah dewanya tugas. Sebenernya gue ga mau terlalu lama menekuni tugas yg satu ini. Tapi apa mau dikata, sampai detik ini gue belum bernafsu untuk menyentuh sama yg namanya penelitian itu. Ada keengganan besar setiap kali mengingat itu. Padahal ini merupakan perjuangan akhir gue selama kurang lebih udah 3 taun jadi mahasiswi.

Rasa Engga itu (baca:males tingkat tinggi) benar-benar amat mengganggu. Entah karna iklim di rumah yg lagi kurang fit, atau karna gue yg terlalu lama mengistirahatkan otak dari buku-buku maupun jurnal komunikasi, sehingga otak gue mulai lemot
dan enggan untuk berpikir lebih kritis?

well,, apapun sepertinya itu cuma alesan gue doang buat lari dari tugas abadi gue sebagai mahasiswa. Mungkin gue bosen dengan idup gue yang terlalu santai. Serasa di pantai. Sisi lain otak gue pun mulai kembali berbicara..
"kalo gue gini terus, gimana gue bisa lulus taun ini?"
"gimana gue mo cari kerja, wong kuliah aja ga di beresin"
"oi...! inget kata ibu, Taun ini lulus!"

Pertanyaan-pertanyaan itu terus-menerus muncul dikepala setiap gue mau tidur. Tapi di pagi hari otak gue merefresh kembali apa yg terjadi semalam. Otak gue kembali berpikir, santai, santai, dan santai. Dan begitu seterusnya. Sampai akhirnya gue nonton acara ny metro tv, ada om prabu lagi wawancara ama salah satu tokoh namanya Alex, gue lupa nama panjang nya. Tapi gue emang pernah liat dia beberapa kali di acara talkshow gitu, waktu itu gue liat dia di FYI nya O channel. Kurang lebih dia kaya motivator gitu kayanya tapi gue ga yakin. Abis gue lupa nama lengkapnya jadi ga bsa nanya ke gugel.

Permasalahan yg sedang dibahas disitu hampir mirip sama yg saar ini gue alami. walopun gue ga nonton dari awal, tapi gue msh dpet intinya. Stuck dalam situasi yg ga enak, kurang lebih begitu. Jadi disitu dicontohin, Pa Alex itu sering banget dapet komplein tentang kerjaa kliennya yg ga enaklah, gaji kecillah, bos galak. Ato tentang hidup di Jakarta yg semrawut dan macet mulu. Trus Pa Alex bilang, bisa ga kalo keluar dari pekerjaan? ato pindah dari jakarta? Kalo kemungkinan besar ga bisa, untuk keluar, yaudah nikmatin aja.

 But How?

Bagaimana caranya menikmati sebuah situasi yg ga ngenakin dan bosen dan bla bla bla?? trus Pa Alex nambahin, kalo gitu buat tempat kerja kita nyaman, dengan menaruh benda-benda favorit kita sehingga kita bisa nyaman dengan tempat itu. Misal, pajang foto anak ato pacar ato idola. Simple idea tapi lumayan oke. Dan kalo atasan kita galak nikmatin aja, buat omelan si bos itu jadi motivasi kita untuk bekerja lebih baik. Kunci nya disini cuma dua. Not complain and just make it fun.

Setelah mendengar itu, gue jadi terinspirasi untuk menulis. Untuk membuat sesuatu yang lebih untuk kuliah gue. Nah, berikut gue tulis dua kunci hidup nyaman dan menyenangkan:

1. Not complain, emang sih hampir seluruh waktu kita, kita habiskan untuk ngeluh, ngeluh dan ngeluh.
"Yah.., kok ujan, sih"
"Ish, dia lagi, dia lagi, emang ga ada dosen lain yah?"
"Ga punya duit amat sih, jadi ga bsia ngapa-ngapain"
Mungkin kita lebih sering untuk berpikir negatif dan jarang untuk keluar dari situasi itu.

2. Make it fun. Kalo yg ini bener banget. Jujur gue adalah tipe orang yg bosen dan kalo gue udah ga nyaman ama sesuatu, gue ga akan pernah bisa ama sesuatu itu. Apapun dan bagaimanapun caranya. Gue lebih bersemangat dan senang menjalankan kegiatan yang gue interest, yg bikin gue nyaman.

So,, dari itu semua gue mengambil kesimpulan, bahwa emang dari awal gue ga sreg alias ga nyaman sama judul penelitian yg gue ambil. Emang karna alasan waktu yg mepet, gue pun mengambil jalan cepat untuk membuat proposal. Jadi, daipada gue terus-terusan stuck disini aja, gue bertekad untuk mengambil dan mencari judul lain buat skripsi gue. Tentang apa? gue juga belum tau, cause gue belum nyari juga. Yg pasti gue bakal nyari masalah yg bikin gue interest. Sehingga nantiny bisa bikin gue semangat dan nyaman buat nyeleseinnya.

Jadi,, tunggu gue dengan judul baru. Mungkin minggu depan baru mulai nyari masalah. Sementara minggu ini gue mo fokus ama urusan yg mo punya hajat. Abang gue mo merit, Oi! doakan semoga minggu ini lancar dan ga ada kendala berarti.


bau keringat di mobil penyok
SMANGAT NYOK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu