Selasa, 12 Maret 2013

SELEBRITI:mengejar mimpi di Metropolitan

Okeh kali ini saya mo review lagi tentang satu novel karya Alberthien Endah yg judulnya Selebriti. Awalnya ga sengaja liat di tokbuk,dan liat sinopsis nya keliatannya seru. Tapi kebetulan baru kemaren sempet beli.
Jadi novel ini bercerita tentang gadis kampung bernama Siti Aisyah yg punya mimpi menjadi asisten artis di Jakarta. Agak absurd memang seorang anak kampung terobsesi dengan kehidupan artis. Hal ini krna Ica-panggilan akrab Siti- hampir tiap hari tidak pernah ketinggalan acara gosip di TV. Ya,hiburan satu-satunya yg ia punya di kampung. Ica yg baru lulus SMA yg hanya membantu emaknya di dapur dan ngangon bebek neneknya,serta berada di keluarga yg sederhana seolah belum cukup untuk menghidupi mimpinya. Mimpi berada dan bertemu dgn artis2 pujaannya yg biasa ia lihat di kotak cahaya itu.
Sampai suatu hari,pacarnya, deden pergi meninggalkannya demi mimpi yg sama dengan Ica. Ke Jakarta. Karna baginya Jakarta adalah sumber bagi mimpi2nya. Dan pacarnya berjanji untuk kembali jika suatu saat telah sukses ia akan menjemput Ica untuk ikut dengannya ke Jakarta. Harapan itulah yg membuat Ica setiap hari membuatnya melamun serta kembali menaruh mimpinya,walaupun bagi keluarganya itu mustahil.
Sampai suatu saat pacarnya datang. Tapi dengan penampilan yg berbeda. Tau apa yg beda dari Deden? Kini pacarnya telah berubah. Berubah menjadi pria gemulai alias banci! iyah! benar. Disinilah saya mulai merasa "ni buku gokil juga??!" Sumpah antara ngakak dan sedih juga. Sedih karna Ica harus merelakan pacarnya 'hilang' terambil keabsurdan ibukota.
Nah,dari sinilah perjuangan Ica dimulai menjadi pengadu baru di ibukota. Awalnya di Jakarta Ica tinggal bersama Deden di kontrakannya yg berada di gang sempit,sampai Deden mengajaknya ikut ke pekerjaannya sebagai perias artis profesional. Saat itu Deden menjadi perias bagi Poppy, penyanyi dangdut yg lagi naik daun. Deden dan Ica berangkat ke sebuah acara penghargaan dimana Poppy menjadi salah satu pembuka acara tersebut. Sudah tentu jika ada acara penghargaan bergengsi pastilah mengundang banyak artis pula. Nah, disini Ica saat pertama kalinya melihat artis-artis yg dulunya cuma bisa ia lihat di tv, kini jelas-jelas hanya berada beberapa meter darinya. Dan sudah barang tentu, Ica langsung keluar deh sifat norak-norak bergembiranya :-D
Ica kalang kabut,melihat banyak artis berseliweran. Dan adegan ini bener-bener paling menghibur dan konyol abis! Hahah... Sumpah saya ngakak sejadi-jadinya. Melalui berbagai pertimbangan, serta acara omelan-adu mulut sengit akhirnya Ica diterima sebagai asisten dari Poppy. Tapi ternyata tingkah Poppy tidak secemerlang lagu dan juga karirnya. Mood nya yg naik turun,benar-benar membuat Ica kalang kabut. Kadang ia semanis putri, namun kadang ia bisa jadi iblis yg tengah meminta perang dalam sekali waktu. Belum lagi sifatnya yg suka mendekati pria beristri,yg pada akhirnya justru menjadi bumerang buat karir Poppy. Iya, isu tentang Poppy yg sebagai perusak rumah tangga orang,membuat karirnya makin terpuruk. Ditambah saat Poppy akhirnya digerebek oleh istri dari pejabat yg saat itu menjadi pacar Poppy. Hingga akhirnya membuat Ica merasa ia harus menjauh dan tidak lagi menjadi asistennya.
Dari satu artis ke artis lain,begitulah cerita ini berkisah. Tentang kehidupan Ica sebagai asisten n manajer artis. Namun tak satupun dari semua artisnya yg berperilaku benar,semuanya berakhir bencana. Saat ia mulai menjadi manajer penyanyi rap yg jg sama2 tengah naik daun,juga karirnya tengah di puncak, Ica kembali dikejutkan oleh artisnya sendiri karna ternyata selama ini ia adalah pecandu. Jatuh bangun Ica sepenuh hati membuat artisnya lepas dari narkoba,namun sayang semua itu tidak berhasil.
Novel ini menceritakan banyak tentang kehidupan artis dari sisi seorang manajer. Walaupun dikisahkan artis yg dimanajeri Ica tak ada yg benar, namun disini sempat diselipkan sosok artis muda yg tenar namun juga punya sikap yg baik dan santun pada siapapun. Ada satu hal yg bikin saya tergelitik,di alur yg terakhir dikisahkan Ica lagi-lagi mendapatkan satu artis yg tak kalah tenar,berprestasi dan karirnya yg tidak perlu dipertanyakan lagi. Juga semangat serta sifatnya yg perfeksionis, mengingatkan saya pada satu sosok artis wanita muda Indonesia yg prestasinya tidak diragukan lagi,bahkan karirnya sudah mencapai internasional. Tidak perlu sebut nama,pasti semua sudah tau kan? Dan dibuku ini dikidahkan kalo artisnya ini seorang maniak??! What the?!!
Hufft... Ini buku bener-bener bikin naik turun emosi. Lalu bencana apa lagi yg Ica dapat saat ia musti berhadapan dengan artis perfeksionis ini? Dan apakah Ica masih sanggup dan mau untuk menjadi manajer artis lagi,setelah semua artinya gagal??
well,mending baca sendiri. Dijamin ga bakal nyesel. Novel ini benar-benar menghibur juga padat bergizi. Sepadat bukunya yg tebalnya hampir menyamai buku Harry Potter. Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu