Senin, 26 Desember 2011

Musik Indonesia, Era Boyband-isasi

Kalo ngomongin soal musik Indonesia emang ga ada abisnya. Tiap detik ada aja pendatang baru di dunia musik  kita. Setahun yang lalu musik Indonesia ramai oleh band-band bernuansa melayu, mulai dari kangen, ST12 sampe d'bagindas, sampe yg terakhir ada dadali (lagu ny yg mana saya lupa tapi kalo ga salah mereka juga penganut melayuisme) Tapi kemudian awal tahun ini, pasar musik Indonesia mulai bergeser. Muncul boyband yang mencuri perhatian penikmat musik kita dengan gaya dan musik mereka, Smash. Dengan gaya ala-ala korea mereka mulai menjamah musik melayu yang menye-menye sembilu menjadi musik yang lebih upbeat dengan suguhan dance. Kemunculan mereka benar-benar menjadi tonggak awal menjamurnya girlband-boyband di Indonesia. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak band-band yang tiap hari wara-wiri di acara musik tiap pagi di TV.

Sampai akhirnya salah satu TV Swasta, sebut saja sctv, mengambil celah untuk membuat audisi girlband-boyband. Dan acara yang tayang setiap weekend ini emang sempat mencuri perhatian saya buat ikutan audisi nonton. Saya sempat nonton pas bagian awal-awal audisinya. Keliatan banget kalo Indonesia lagi tergila-gila sama boyband, keliatan dari antusiasme para peserta yang banyak mo ikutan tenar, yang sayangya ga semuanya punya bakat beneran.

Hal ini merupakan satu lanjutan dari invasi Korea ke Indonesia. Iyah, kita sekarang sedang dijajah lagi. Setelah jaman dulu (waktu saya blm lahir tentunya) sempet ama Jepang, sekarang ama tetangga nya Korea. Sudah beberapa kali band-band Korea yang konser di Indo. Serta dengan seringya info tentang dunia hiburan Korea yang tiap hari di ekspos oleh media kita. Membuat newbie2 pecinta Korea dadakan bermunculan. Dan saya bukan salah satunya. Saya memang menyukai Korea tapi hanya drama nya saja. Untuk musik, saya masih pecinta musik Indonesia. Walaupun memang muka-muka mereka tidak bisa dipungkiri amat-sangat menyegarkan mata. Dan saya menyukai dramanya karena emang salah satunya karena aktor2nya, sperti yg uda pernah saya tulis disini. Sebenarnya ini mendinglah dibanding musik melayu sebelumnya. Walaupun sayangnya banyak yang hanya bermodal tampang dan dance aja. Sementara untuk suara mereka mengandalkan lipsync. Jarang kayanya yang emang aseli punya suara bagus. Mungkin produser mereka hanya mengambil colongan dari sekedar nemu tampang  yang bermuka kokoh2, putih dan sipit, biar mirip2 sama orang Korea sana.

Saya bukan bermaksud berpandangan negatif soal Korea. Mereka hebat mampu membuat seluruh dunia tergila-gila dengan dunia mereka. Tanpa mereka perlu susah-susah membuat promosi yang jor-joran, budaya mereka udah otomatis dikenal dan bahkan diburu orang. Bahkan tempat syuting drama pun dijadikan tempat wisata. Salut! andai Indonesia bisa seperti itu. Ga perlu deh bikin iklan bermilyar-milyar buat promosiin wisata kita ke luar negeri.

Saya memang bukan pemerhati musik, saya cuma mahasiswi biasa yang suka mendengarkan musik. Tapi jika musik Indo hanya dipenuhi dengan musik-musik boyband yang rata-rata sama lama-lama boring juga. Kebanyakan lagu mereka berusaha dimiripkan dengan boyband Korea sana. Musik penuh sound-sound unik (yg klo didenger ko ya mengingatkan saya dengan lagu anak2 semasa saya keci), suara yang di efek, ditambah dengan lirik2 ngerap. Saya ga tau gimana lagi, apa karena selera musik saya yg berbeda jadi agak susah buat nerima musik mereka.

Yah mungkin begitu, kemaren-kemaren kebanyakan musik melayu protes, ngenyek, sekarang giliran kebanyakan musik boyband nambah ngomel juga. Harah.. mungkin karena saya mahasiswa kali yah jadinya masalah gini aja protes bin ngomel. So, bagaimana dengan anda? Berada dipihak mana, saya atau justru musik gaul sekarang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu