Jumat, 03 Desember 2010

A2DI (Ada Apa Dengan Imigrasi?)

Akhirnya ada juga perusahaan yg rela memanggil gue untuk magang di humasnya. Dan perusahaan itu adalah Indah Kiat. Perusahaan kertas yg katanya peringkat 1 ato 2 gitu, gue lupa se Indonesia dan se-Asia tenggara. Dan mulai magang itu tgl 1 kemaren. Gue udah denger dari pengalaman temen gue yg udah magang dari taon kapan, ktnya kebanyakan dari mereka lebih sering nganggur. Sisanya cuma dapet pekerjaan sepele kaya motocopy, ngefaks, ampe bikin kopi.

Dan gue pun merasakan hal yg sama. Di magang hari ke2 gue tadi, dimana divisi gue itu isinya bapak-bapak smua. Gue disuruh motocopy SEabreg-abreG. Ini dalam rangka perpanjang ijin kontrak tenaga asing (baca:om-om sipit).
Dan gue pun seharian ngurusin begituan dan itu semua diurus ke kantor imigrasi.

Seneng sih baru hari ke2 tapi udah diajak keluar. Daripada di kantor adanya cuma meja, orang keliling, ngangkat telepon. Awalnya gue pikir hari ini bakal ngetrek ga jelas. Tapi pas selese beresin berkas copian si bapa senior berkata,,

'kamu nanti ikut saya ke kantor imigrasi ya!'
'iyah pak'
'nti kira-kira sampe jam siang ga pak?'
'wah lebih malah, soalnya nti lama di imgirasian, banyak kerjaan disana. Nti kamu makan siang sama saya'
*asikmakangratis :D

Dan ternyata waktu dia bilang banyak kerjaan, emang beneran. Gue harus ngisi form sejumlah pekerja tsb. Buanyak'e rek! poLL!! Pegel tangan, kaki, pinggang, pas bangun badan pada bunyi semua. Persis kaya mbah-mbah encok.

Tapi ada satu hal lagi yg bikin gue tambah rungsing. Form blm smua gue isi, sementara waktu udah menunjuk pukul 3 lewat. Dan tiba-tiba ada sesosok pria yg mendekati gue dan meilihat-lihat kertas yg bececeran didepan gue. Dia pun mengambil. Gue nengok, putih, sipit. Dan pas gue nengok lebih belakang lagi, eh dia bawa temennya banyak banget! dan setelah diusut punya usut, ternyata itu pekerja-pekerja yg mo perpanjang kontraknya di Indo. Karna pas mereka mule ngomong, ngomongnya ga jelas persis kaya orang kumur-kumur.


Oh iya pas gue ngurus ginian ke kantor imigrasi, gue ga cuma sama bapa senior gue, tapi juga sama bos nya marketing yg mo ikut ngurusin juga. Dari omongan antara senior dan mister bos katanya sih istrinya lagi hamil di taiwan sono. Makanya dia mo pulang. Denger dia pake bahasa indonesia agak aneh. Logatnya itu loh asing dan ga enak banget di kuping. Gue aja mpe kudu najemin kuping gue buat ngartiin kata yg dia ucap. Pa mister kayanya bapa mendingan pake bahasa sendiri aja deh, drpd bahasa, justru nambah ga mudeng.

Okeh Balik lagi, trus pas satu orang liat. Dateng yg laen lagi ngedeket. Ngeliatin. Ngomong cang-cing-cong ma temennya. Trus mereka pada duduk. Ribut sendiri dengan bahasa yg cuma dimengerti mereka. Yah.. ini nih yg namanya makhluk asing. Mereka pun akhirnya masuk ke sesi pemotretan. Poto buat passpor maksudnya. Dan ga lama mereka dateng lagi ngedeketin gue. Ngambil kertas yg sama yg tadi di ambil. Trus cing-cong lagi ma temennya. Tiba-tiba dia ngomong ke gue dengan bahasanya yg ampun bikin gue mabok.

asing: can cing cong bebekbencong...
gue: ga ngerti, (gue bales aja pake bahasa inggris. Sok tau sih sebenernya gue, asal njeplak aja)
asing: cangcuoontoopdgasteueioop (sambil nunjuk salah satu tulisan di kertas)
gue: is that any wrong?
asing: qwcssgghy hjuioppoutrbvcsm,ouad
gue: apaan sih? is there anyone can speak english?

eh mereka malah ngobrol sendiri. Dan ga lama balik lagi ke gue dengan masih nunjuk-nunjuk form tadi. Trus mereka malah semua mendekati gue.

asing:huhuhuahsahgrfwrrfs?!
gue: is 2? is that right? (gue pun mempraktekan slogan salah satu TV dengan jari gue.Maksudnya isi form ini bener apa ga?)

eh malah tuh orang ngomong makin ga jelas dan yg makin kacau adalah semuanya pada ngerubungin gue. Mulai berebut n ngerubungin gue sambil ngomong cangcingcong. Gue bingung. Gue terperangkap di kawanan bebek berkumur. Gue megangin kepala. Paleng. Arrgghhh!!

Mereka, si om-om sipit, karna merasa tidak jua mendapatkan jawaban. Mereka akhirnya bubar ngerubungin gue. Gue pun terbebas dari ancaman si asing. Gue mulai kembali menyadarkan diri gue kalo gue masih di tempat yg sama dengan beberapa jam lalu. Dan menapak.

Mereka berbalik, menuju tempat duduk. Mulai stabil. Dan gue pun dengan begonya masih nanya itu orang.
'is it ok?'
'ouke' sambil membentuk suara bulet banget + ngangkat jempolnya. Hah... dari tadi kek!

Dan ga berapa lama, mereka akhirnya pulang juga. Adem dah kantor imigrasi. Dan satu percakapan terakhir dari dua petugas imgirasi bilang begini:

'Ih, tadi mah ruame ada orang asing pada poto. IH ribet!'
'hahah... ada cewenya ga?'
'gada!'


HAHAHAHAH...!
Sumpah geli banget. Keliatan banget kalo petugas tadi keribetan. Tenang pa, bapa ga sendirian. Saya juga sama, dibikin ribet ama kedatangan mereka. om-om sipit bebek berkumur ituh. Ish!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada Kesan tanpa Kehadiranmu